tidak ada kepercayaan yang mengancam kepercayaan apapun …

Tidak ada kepercayaan yang mengancam kepercayaan apapun … itu adalah manusia yang merasa tidak aman/tidak selamat/insecure pada ketakutan sendiri yang tak diketahui, yang tak difahami…  yang meracun pikirannya ke dalam pikirannya lalu ke manusia lainnya bahwa kepercayaan dapat terancam …

Jika kita sudah pegang pada kepercayaan kita, bukankah itu sudah menjadi bahagian dari keimanan dlm diri dan sudah bahagian dari diri kita, hubungan antara Tuhan dan diri kita (bukan manusia melebalkan diri Tuhan, bukan politikus, bukan organisasi, bukan institusi agama)….

Jika kita punya kepercayaan itu seharusnya sudah menjadi prinsip diri…sebuah prinsip yang tak mampu digoyangkan oleh manusia lain… seharusnya tidak ada manusia dapat mengancam itu dengan cara apa sekalipun kecuali itu kita … hanya diri kita sendiri  yang mengancam kepercayaan kita, yang mampu merapuhkan keimanan dalam diri kita, sebab apa? itu adalah persoalan yang setiap pada diri kita harus bertanya pada diri mereka sendiri….

Jangan kerana kepercayan sendiri yang goyang dan terganggu atas sebab kita sendiri yang tak paham sebabnya, kita putuskan utk mengambil tindakan bodoh dan sombong dengan mengatakan kerana kepercayaan orang lain itu beza dari kita…kepercayaan kita terancam.  

does that make any sense?  Kepercayaan aku adalah hubungan aku dengan Tuhanku bukan urusan institusi atau pak lebai yang tak de peran langsung masa kiamat dan alam seterusnya.

tidak ada kepercayaan yang mengancam kepercayaan apapun … aku percaya itu… dan percaya pada kepercayaan aku.

 

my thoughts after reading this news piece…. 

Islam is being threatened, says former chief justice – See more at: http://www.themalaysianinsider.com/malaysia/article/islam-is-being-threatened-says-former-chief-justice#sthash.sOw0L1bF.dpuf